in: General - Review - VGA | January 27, 2019 | by: Jagat OC Team

Analisis & Overclocking : MSI GeForce RTX 2070 Gaming Z 8G (vs GTX 1080 / 1080 Ti)

Test 1: Overclocking & Analisis Boost Clock

Test pertama yang kami jalankan adalah melakukan analisis pada boost clock saat GPU berjalan. Hal ini kami kerjakan dengan cara

  • Menjalankan 3DMark Fire Strike Ultra Stress Test
  • Melakukan logging dengan GPU-Z

 

Overclocking GPU

GPU kami jalankan pada dua keadaan:

  1. Default
  2. Maximum Stable Overclock (Power Limit 111%, GPU +75Mhz, Memory +800Mhz)

Berikut setting overclock GPU kami yang diaplikasikan dari tool MSI Afterburner

 

Stress Test / Uji Stabilitas

Setting overclock kami di atas sanggup melewati 3DMark Stress Test, menunjukkan bahwa setting overclock ini bisa digunakan untuk harian.

*klik untuk memperbesar

 

Analisis GPU Boost Clock

Berikut clockspeed GPU RTX 2070 Gaming Z saat menjalankan 3DMark FSU Stress Test:

Clockspeed GPU nampak stabil tanpa banyak variasi baik dalam keadaan default maupun overclocked, ini mengindikasikan bahwa GPU jarang menemui Thermal Limit maupun Power Limit ketika beroperasi. Saat default, clockspeed boost rata-ratanya ada di 1920Mhz, sedangkan saat overclocked dengan GPU offset +75Mhz nilai ini bergeser ke 2016 Mhz.

MSI RTX 2070 Gaming Z bisa menjaga clockspeed di atas 2Ghz saat overclocked tanpa masalah.

 

Performa – Benchmark Sintetis 3DMark Time Spy Extreme

Dengan overclocking GPU ke 2Ghz-an dan VRAM ke 1950Mhz (efektif 15.6 gbps), ada peningkatan kecil sekitar 5% pada benchmark 3DMark Time Spy Extreme 4K Graphics Score

 

Test 2: Thermal & Power

Masih dengan 3DMark Fire Strike Ultra Stress Test, kami mengambil data suhu dan power dari logging GPU-Z:

GPU Temperature (GPU-Z sensor)

 

Pada keadaan default, nampak suhu awal agak tinggi di 50-an karena MSI GeForce RTX 2070 Gaming Z memiliki mode Zero Fan (‘Zero Frozr’) yang akan mematikan fan hingga suhu GPU setidaknya 60 C, ketika suhu mencapai di atas 60C barulah fan perlahan-lahan meningkat untuk menjaga suhu. Pada saat default suhu tertinggi yang dicapai GPU adalah 67C.

Saat overclocking, kami men-setting fan manual ke 60% karena ini adalah nilai yang kami anggap memberikan perbandingan pendinginan maksimal dengan noise yang masih masuk akal. Pada setting fan manual ke 60%, suhu GPU sangat terjaga pada angka 61 C meskipun sedang beroperasi pada 2 Ghz.

GPU Power Draw (GPU-Z sensor)

Berasumsi pembacaan GPU power(bukan system power) dari GPU-Z cukup akurat terlihat bahwa konsumsi daya GPU pada keadaan default rata-rata-nya ada di 212W, dan saat OC ke 2 Ghz nilai rata-ratanya ada di 223W-an. Memang sensor power draw ini tidak menunjukkan konsumsi daya dari AC Outlet dari seluruh sistem, tapi ini menunjukkan bahwa dalam keadaan overclocked sekalipun – MSI GeForce RTX 2070 tidak menemui power limit-nya sama sekali.

Berikutnya: Uji performa gaming di 1440p

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES