in: News | May 26, 2019 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Intel Perkenalkan Core i9-9900KS: 8-Core 16-thread, 5 Ghz All-Core Turbo

Pada sebuah acara singkat bertajuk ‘Performance For The Real World’ yang diadakan tepat sebelum pameran Computex 2019 dimulai, Intel mencoba memperkenalkan CPU desktop baru mereka, yang diberi nama Core i9-9900KS.

Ya, Anda tidak salah baca: Core i9-9900KS.

Apa yang spesial dari prosesor tersebut? Intel mengatakan bahwa unit ini akan memiliki clockspeed 5Ghz All-core Turbo.

Intel menunjukkan demo singkat dimana mereka me-load prosesor tersebut pada 8-Core 16-thread, dan menunjukkan clock 5Ghz all-core. 8-Core di 5Ghz.

Sebagai perbandingan, clockspeed Core i9-9900K biasa(dan i9-9900KF) adalah 5 Ghz untuk 1-core dan 2-core Turbo, sedangkan All-core Turbonya ada di 4.7Ghz. Pengumuman ini agak mengejutkan, karena overclocker yang membeli Core i9-9900K biasanya sudah akan menggunakan fitur ‘Multi-core enhancement’ pada motherboard mereka untuk ‘memaksa’ semua Core-nya berjalan di 5 Ghz all-core.

Tapi Intel dengan jelas kali mengatakan, Core i9-9900KS akan berjalan out-of-the-box pada 5 Ghz di All-core Turbo, sehingga 5Ghz yang didapat bukan melalui ‘overclocking’

Belum banyak detail yang diungkap soal prosesor unik ini, namun ada beberapa catatan menarik:

  • Intel mengatakan bahwa All-core Turbo 5 Ghz ini hanya bisa berjalan di Z-series chipset, bukan Non-Z Chipset.
  • Tidak ada Cooler bawaan, namun Cooler yang dibutuhkan akan sama dengan cooler yang dibutuhkan sebuah Core i9-9900K (kami berasumsi minimal 240mm AIO Watercooling unit)
  • Ada integrated Graphics yang berfungsi (tidak seperti 9900KF yang di-disable)
  • Base Speed tetap 4.0 Ghz, sehingga ‘base TDP’ tetap 95W (walau kami yakin 5Ghz all-core turbo akan

Datangnya i9-9900KS ini bukan sesuatu yang ‘spesial’ bagi kami secara personal, karena 9900K yang berjalan di 5Ghz all-core Turbo bukan hal yang sulit ditemui di kalangan enthusiast. Intel mungkin membuat versi ‘spesial’ dari 9900K ini karena mereka berhasil melakukan proses binning yang cukup ketat, sehingga mendapat unit yang bisa berjalan reliable pada 5Ghz di semua corenya.

Kami sempat bertanya apakah ini CPU dengan stepping R0 baru yang dikenal memiliki overclockability tinggi, namun belum mendapat jawaban.

Cukup menarik melihat sebuah produk yang menunjukkan bahwa Intel belum selesai ‘memeras’ potensi dari 14nm mereka, dan berharap bisa mencoba prosesor ini saat rilis nanti dan memaksanya hingga batas maksimal untuk melihat berapa sisa ‘headroom’ dari overclockability prosesor tersebut.

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES