in: Review | May 26, 2019 | by: Ivan R. Akbar

Overclocking Review: Thermal Paste Noctua NT-H2 vs Noctua NT-H1

Thermal paste kadang disepelekan oleh sebagian PC builder pada saat mereka membangun PC, bahkan kami sempat mendengar beberapa pengguna mencari alternatif dengan menggunakan pasta gigi! Peranan thermal paste jelas penting untuk membantu transfer panas dari komponen PC ke pendingin/heatsink secara optimal, dengan mengisi micro imperfections antara permukaan pendingin dengan komponen yang menghasilkan panas (CPU/GPU/Chipset,etc).

Permukaan yang tidak rata pada komponen PC dan cooler ini memang tidak terlihat oleh kasat mata, tapi dapat menyebabkan buruknya thermal transfer dari komponen ke pendingin. Karenanya, dibutuhkan bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik untuk mengisi gap ini. Tanpa thermal paste, permukaan yang tidak rata ini akan terisi dengan udara, yang kita kenal sebagai konduktor panas yang buruk.

Noctua, produsen spesialis produk solusi pendingin PC asal Austria meluncurkan produk thermal paste terbarunya yang dinamakan Noctua NT-H2 beberapa waktu lalu.

NT-H2 diposisikan sebagai pembaruan dari thermal paste Noctua NT-H1 yang sudah lebih dulu ada. Performa NT-H1 sebenarnya sudah cukup dikenal dikalangan PC builder maupun enthusiast, namun dengan NT-H2 yang lebih baru ini Noctua menawarkan sedikit perbaikan pada sisi performa transfer panas, serta penekanan pada kemudahan penggunaan.  Pada sisi performa klaim Noctua tidak terlalu heboh, hanya 2 C saja.

Data dari Noctua

 

Oleh karena itu mari simak pengujiannya – tentu dengan melibatkan CPU yang di-overclock.

 

Gallery

Sebelum masuk ke tahap pengujian mari kita lihat beberapa foto produk dari thermal paste Noctua ini.

Kemasan box 10Gr

 

 

 

Kemasan tube 3.5Gr

Kemasan tube 10Gr

Instruksi pemakaian

 

Halaman berikutnya: Ruang Lingkup & Metode Pengujian

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES