in: General - VGA | September 3, 2019 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Performance Test : NVIDIA Driver 436.15 (on GeForce RTX 2060)

Hasil Pengujian

Benchmark Sintetis – 3DMark (5-run average) – GeForce RTX 2060

Pengujian benchmark sintetis tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang signifikan, baik Fire Strike dan Time Spy menunjukkan perbedaan kurang dari 2%, menunjukkan  bahwaperbedaan ini bisa jadi karena variasi run. 3DMark Port Royal DXR yang menunjukkan hasil agak beda, dimana driver 436.15 secara konstan menunjukkan perbedaan di atas 3% dari 5-run average.

 

Benchmark 1440p Gaming – GeForce RTX 2060

*Klik untuk memperbesar

 

Dari semua pengujian kami, yang tercatat menunjukkan perbedaan signifikan pada driver 436.15 adalah Forza Horizon 4 (di atas 13%), sesuai dengan klaim NVIDIA. Semua game lain, termasuk Battlefield V pada 1440p, tidak menunjukkan perbedaan signifikan, masih masuk wilayah run variation.

 

Forza Horizon 4 – Peningkatan Terbesar di Test 

Sesuai klaim NVIDIA, Forza Horizon 4 menunjukkan perbedaan performa yang berarti, walau ini belum cukup untuk membuat sebuah RTX 2060 FE mengalahkan Radeon RX 5700.

 

Battlefield V 1080p – GeForce RTX 2060

Berikutnya, mengingat NVIDIA mengklaim bahwa Battlefield V 1080p mereka menunjukkan perubahan, kami juga menguji skenario tersebut dan membandingkan ke data driver lama kami. Peningkatan yang ada dari 5-run average kami tercatat di atas 3%, sedikit di atas rata-rata variasi run individu (yang ada di 1-2%), namun belum sebegitunya signifikan untuk bisa terasa pada penggunaan sehari-hari.

 

Shadow of Tomb Raider DXR (Ray Traced Shadow ULTRA) 1440p – GeForce RTX 2060

*klik untuk memperbesar

 

Kami menguji Shadow of Tomb Raider dengan DXR/Ray-Traced Shadow pada ULTRA, namun tidak menemukan perubahan antara driver lama dengan driver baru.

 

1080 Ti @ Forza Horizon 4 1440p

Mengingat Forza Horizon 4 menunjukkan peningkatan yang cukup massive pada RTX 2060, kami menguji pada GTX terkencang yang kami miliki sekarang yakni 1080 Ti ‘Pascal’. Pada 1080 Ti, peningkatan yang terjadi masih di bawah 3%, sehingga kami tidak bisa menilai hal tersebut sebagai peningkatan performa. Jadi sejauh ini nampaknya hanya Turing GPU yang mendapat boost cukup besar pada Forza Horizon 4.

 

Kesimpulan

Driver ‘Release 435’ versi 436.15 yang kami uji ini nampak memenuhi klaim NVIDIA, terutama pada Forza Horizon 4 , walau peningkatan ini terjadi  di GPU GeForce RTX ‘Turing’, tidak terlihat pada GTX 1080 Ti ‘Pascal’. Kami tidak menguji Apex Legends, Strange Brigade, dan World War Z karena game tersebut tidak masuk ke skenario pengujian JagatReview/JagatOC.

Peningkatan performa yang besar karena driver update agak jarang kami temui, namun cukup menarik untuk melihat bahwa optimalisasi software dapat meningkatkan performa lebih dari 10%, walau ini terjadi pada skenario spesifik.

Ini berarti hasil benchmark Forza Horizon 4 dari GPU Turing mulai bulan September 2019 ini TIDAK bisa dibandingkan dengan Bulan Agustus 2019 dan sebelumnya.

 

Sampai jumpa pada pengujian kami yang berikutnya :)

 

Tambahan

Release Notes untuk 436.15 (klik link untuk membuka)

Link Download 436.15 Windows 10 64-bit (klik link untuk membuka)

 

Catatan Mengenai Pengujian Driver

Mengingat pengujian performa antar driver merupakan sebuah hal yang membutuhkan presisi tinggi dan kadang mengundang kontroversi karena minimnya informasi seputar hal ini, kami menghimbau rekan-rekan pembaca yang ingin melakukan perbandingan driver untuk:

  • Lakukan pengujian pribadi, JANGAN ambil pengujian di 2 tempat berbeda lalu dibandingkan
  • TIDAK melakukan perbandingan performa pada dua sistem yang berbeda – sistem harus SAMA PERSIS, hingga ke Versi OS dan juga aplikasi yang digunakan
  • Sangat diharapkan Anda memiliki data variasi run individu, sehingga Anda bisa membedakan mana yang merupakan peningkatan performa karena driver, dan mana yang merupakan variasi run dari benchmark yang Anda kerjakan
  • Berdasarkan observasi di lab selama ini, cukup aman untuk berasumsi bahwa perbedaan performa sekitar + 3% masih merupakan wilayah variasi run individu (ada beberapa aplikasi/game yang menunjukkan variasi lebih besar)
  • SELALU baca Release Notes dari Driver sebelum melakukan update driver.

 

 

 

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES