in: News | November 28, 2019 | by: Ivan R. Akbar

Overclocking Extreme AMD 3rd Gen Ryzen Threadripper 3970X : Rekor Dunia Berjatuhan!

Setelah mengumumkan kemunculannya pada awal November ini, AMD akhirnya meluncurkan Ryzen Threadripper Generasi 3-nya pada akhir November ini, tepatnya pada tanggal 25 November 2019 kemarin secara serentak diseluruh dunia.

Pada peluncurannya kali ini varian 3rd Gen AMD Threadripper yang tersedia adalah versi AMD Ryzen Threadripper 3960X dengan 24-Core (48-Thread) serta AMD Ryzen Threadripper 3970X 32-Core (64-Thread).
Selain review ‘normal’ seperti biasanya saat ada peluncuran produk terbaru, hari pertama peluncuran 3rd Gen Threadripper ini diwarnai ‘killing spree’ rekor dunia overclock oleh para Pro overclocker dari seluruh Dunia dari beberapa vendor motherboard, sebut saja ASRock, ASUS ROG serta MSI – tentu berbekal Threadripper 32-core yang didinginkan dengan Liquid Nitrogen!

 

Baca juga: Sneak Preview AMD 3rd Gen Ryzen Threadripper : 3960X 24-Core dan 3970X 32-Core

 

Threadripper 32-core dengan LN2 – Rekor Berjatuhan!

‘Pesta rekor’ pada hari pertama peluncurannya tentu saja dititik beratkan pada Threadripper 3970X yang merupakan varian tertinggi dari AMD Ryzen Threadripper yang ada saat ini. Ada puluhan rekor yang berhasil dibukukan dengan prosesor yang dibandrol 1999USD oleh AMD itu.

 

Berikut ini adalah list beberapa rekor yang berhasil diraih oleh AMD Ryzen Threadripper 3970X pada beberapa kategori benchmark saat peluncurannya:

 

CPU Overall World Record

 

32-core Record

 

Berikut ini adalah tangkapan layar records page pada website HWBot.org per tanggal 27 November 2019: *(klik untuk memperbesar)

 

Selain itu clockspeed tertinggi dari AMD Ryzen Threadripper 3970X saat ini dicatat oleh TSAIK, overclocker asal Taiwan dengan clockspeed 5752.97MHz dengan semua core hidup, pada sebuah motherboard MSI Creator TRX40.

*Klik untuk memperbesar

 

Link HWBot: https://hwbot.org/submission/4288607_tsaik_cpu_frequency_ryzen_threadripper_3970x_5752.97_mhz

Link Validasi CPU-Z: https://valid.x86.fr/nb7b32

*klik untuk memperbesar

 

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, prosesor AMD Ryzen tidak dapat berjalan diatas 5GHz dengan ‘Nitrogen biasa’ jadi, sebagian besar rekor diatas didapatkan dengan mendinginkan AMD Ryzen Threadripper 3970X pada suhu jauh dibawah 0 derajat Celcius dengan bantuan Nitrogen Cair(LN2).

 

Overclocker Indonesia – Alva ‘Lucky_n00b’ dan Ivan ‘IvanCupa’ : Masih Dapat Rekor!

Depan: Alva ‘Lucky_n00b’, Belakang: Ivan ‘IvanCupa’

 

Yang menarik, ada overclocker asal Indonesia yang berhasil mencatatkan namanya 2 kali pada daftar rekor diatas. Siapa lagi kalu bukan kapten tim JagatOC : Alva ‘Lucky_n00b’Jonathan. Beliau yang sudah lama malang melintang dalam dunia hitam overclocking ini memang terkenal dekat dengan salah satu vendor motherboard berinisial M – sebut saja MSI – yang memberikan sebuah ‘early access’ pada Alva berupa  pre-production engineering sample dari AMD Ryzen Threadripper 3970X, serta motherboard MSI seri tertinggi dengan chipset terbaru untuk platform AMD Ryzen Threadripper.

MSI Creator TRX40 – Senjata Utama Tim Indonesia

 

Menurutnya, Ia dibantu rekan sekaligus murid 1 timnya Ivan R. Akbar ‘IvanCupa’ seminggu penuh untung melakukan world record attemptnya kali ini. Congrats!

Berikut foto dan dokumentasi skor serta sesi benching world record attempt yang dilakukan Alva & Ivan:

Cinebench R11.5 Global First Place 32Core – *Klik Untuk Memperbesar

 

HWBot X265 4K Global First Place 32 Core – *Klik untuk memperbesar

 

 

 

Nantikan ulasan lengkap CPU monster ini dalam artikel lainnya – hanya di Jagat OC!

 

Tonton juga – Lebih Kencang, Zen 2, 7 nm, & Lebih Hemat Daya: Preview AMD Threadripper 3rd Gen (TRX40) – Indonesia

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES