in: News | January 14, 2020 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Selamat Jalan, Windows 7 !

Hari ini, tepatnya tanggal 14 Januari 2020, Microsoft secara resmi akan memberikan status ‘end of support’ pada OS Windows 7. OS yang sempat menjadi salah satu OS terpopular di Dunia ini akhirnya berhenti mendapatkan berbagai security update dan juga technical support, kurang lebih 10 tahun sejak masa rilisnya pada tanggal 22 Oktober 2009.

Sebagai pembanding, OS lawas Windows XP  yang legendaris berhenti mendapat dukungan pada 8 April 2014 lalu.

*Klik untuk memperbesar

 

Tidak perlu panik bila Anda masih menggunakan Windows 7, karena PC Anda tetap bisa berfungsi.

Yang hilang sejak hari ini hanya technical support dan security update. Microsoft juga menambahkan bahwa beberapa service yang berhubungan dengan Windows 7 juga perlahan akan dihentikan, serta pastinya para vendor hardware akan perlahan mengurangi support untuk driver windows 7.

 

Windows 7: Mulai dikenal berkat dukungan DirectX 11

Berbicara dengan sudut pandang sebagai reviewer hardware dan overclocker, kami jelas memiliki banyak kenangan dengan Windows 7.

Windows 7 mulai sering dipakai para user PC saat menjalankan aplikasi benchmark atau game yang membutuhkan dukungan API DirectX 11, membuat para pemakai hardware baru dengan OS lawas seperti Windows XP(yang hanya mendukung DirectX 9) mulai berpindah OS. Sebagai catatan, Windows Vista juga mendapat dukungan DX11 lewat sebuah platform update, namun nampaknya banyak pengguna XP yang melewatkan Windows Vista dan langsung menuju Windows 7 – kami salah satunya :)

Benchmark yang dikenal pada masa itu dengan penggunaan DirectX 11-nya adalah 3DMark11, dan kami masih ingat saat pertamakalinya menjalankan benchmark tersebut pada sebuah Core i7-980X ‘Gulftown’ dan GeForce GTX 480 ‘Fermi’.

Baca Juga: Preview 3DMark11 – Desember 2010

Salah satu benchmark run 3DMark11 pertama di JagatReview dengan Core i7-980X dan GTX 480 ‘Fermi’

 

 

Dukungan Hardware Windows 7 : Berkurang Drastis Sejak Skylake, Kaby Lake dan Ryzen

 

Meskipun Windows 7 nampak tidak bisa dipisahkan dari para pengguna enthusiast-nya, dukungan vendor hardware terhadapnya mulai dikurangi secara drastis.

Intel mulai mengumumkan bahwa platform Skylake mereka harus menjalani beberapa workaround untuk bisa menginstall Windows 7, dan hal ini juga terjadi pada Kaby Lake. AMD juga mengumumkan bahwa prosesor Ryzen mereka yang rilis di tahun 2017 hanya secara resmi mendukung Windows 10.

Tapi seperti biasa, di tangan para overclocker yang membutuhkan dukungan Windows 7 demi skor benchmark tinggi – berbagai trik untuk memaksa instalasi Windows 7 di platform modern pun ditemukan.

 

Baca Juga: Menjalankan Prosesor Intel Kaby Lake + Chipset Z270 di OS Windows 7

Logo_W7Kaby

 

 

Baca Juga: Extreme Overclocking Ryzen 7 1700 + ROG Crosshair VI (dengan OS Windows 7)

Ryzen gen 1, dipaksa berjalan pada Windows 7

 

 

Walaupun demikian, workaround untuk memaksa Windows 7 berjalan pada hardware modern tidak selamanya sukses, dan semakin sulit diterapkan.

Platform baru yang memiliki fitur power management modern seperti AMD Ryzen Threadripper 2nd Gen dikabarkan hanya beroperasi optimal di Windows 10, dan tidak semua motherboard-nya memiliki BIOS dengan fitur kompatibilitas khusus untuk mengizinkan Win7 diinstall tanpa BSOD.

Pada lab JagatOC, hingga saat artikel ini dirilis, platform terakhir yang tercatat masih bisa menjalankan Windows 7 dengan skor benchmark optimal adalah Prosesor Intel Coffee Lake dan Motherboard Z390, seperti terlihat berikut ini:

Core i9-9900KS + MSI Z390 GODLIKE on Windows 7 64-bit

*klik untuk memperbesar

 

 

Saatnya move on dari Windows 7 ?

 

DX12Logo

 

Saat ini, Windows 10 sudah memiliki lebih banyak dukungan untuk fitur hardware modern, mulai dari support untuk API DirectX 12, hingga ke beberapa fitur power management khusus (seperti Intel SpeedShift, atau penerapan CPPCv2 pada Ryzen 3rd Gen). Mengingat para hardware vendor akan lebih mungkin mengoptimalkan sistem mereka untuk OS terbaru, nampaknya sudah tiba waktunya bagi para pengguna hardware baru untuk move on.

Terima Kasih Windows 7 !

 

Baca Juga:

Windows 7 support will end on January 14, 2020

Support for Windows 7 is nearing the end

 

 

Bonus : Menjalankan Skylake dengan Windows XP – Why Not?

screen010

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES