Challenger Division: Ajang Menarik Untuk Mengasah Ilmu Overclocking

Seperti yang sudah teman-teman ketahui, perkembangan hardware yang sangat pesat akhir-akhir ini membuat para vendor berlomba-lomba melakukan berbagai inovasi terhadap produk mereka. Sebagai contoh, beberapa minggu belakangan ini, kita sebagai enthusiast user dikejutkan dengan banyaknya hype yang ditimbulkan oleh 2 vendor GPU terbesar dunia yaitu NVIDIA dan AMD.

NVIDIA mengeluarkan jajaran GTX 1000 seriesnya dan AMD dengan jajaran arsitektur Polarisnya. Sungguh sebuah pertarungan yang cukup sengit yang ditimbulkan dari kedua belah kubu. Tidak hanya itu saja, beberapa vendor motherboard juga melakukan hal yang sama.

GTX1060_Overclock

STRIX_RX480_13s

Pertarungan sengit antara vendor hardware tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang akan kami bahas disini adalah dunia overclocking. Maraknya perkembangan hardware di jaman sekarang membuat perkembangan dunia overclocking menjadi semakin luas pula. Semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan overclocking hanya untuk sekedar hobi, kebutuhan akan performance yang lebih tinggi, ataupun melakukan overclocking sebagai e-sports.

APA ITU CHALLENGER DIVISION?

HWBOT dan OC-Esports, selaku database hardware terbesar dunia, membuat beberapa inovasi untuk membuat komunitas overclocking di dunia semakin berkembang. Salah satunya adalah dengan membuat Challenger Division, yang merupakan kompetisi overclocking online dengan skala menengah yang dapat diikuti berdasarkan kategori hardware yang dimiliki oleh para usernya.

Notes:
1. Ketahui lebih banyak mengenai apa itu Overclocking di link berikut:
http://oc.jagatreview.com/2016/02/mengenal-oc-menjawab-10-pertanyaan-dasar-mengenai-overclocking-2016/
2. Ketahui lebih banyak mengenai apa itu Kompetisi Overclocking di link berikut:
http://oc.jagatreview.com/2016/01/mengenal-kompetisi-overclocking-oc-dari-sudut-pandang-berbeda/

Di dalam kompetisi ini peserta akan menemukan 7 divisi yang dibagi berdasarkan hardware UNIK yang digunakan. Seperti contohnya, dalam divisi 6 para perserta hanya memakai ARM architecture hardware. Dan didalam setiap divisi, peserta diminta untuk menyelesaikan benchmark yang diminta. Setiap peserta bisa memillih benchmark apa yang ingin diselesaikan terlebih dahulu disesuaikan dengan kemampuan mereka. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin terbanyak yang dikumpulkan oleh peserta dari setiap divisinya. Selain hadiah untuk pemenang, HWBOT juga menyediakan hadiah lucky draw untuk peserta yang beruntung dari setiap divisinya dengan syarat mereka harus menyelesaikan semua benchmark yang ada.

2545-medium

Hingga saat ini, sudah 2 ronde / season terselesaikan dengan banyak sekali peserta perdivisinya. Berikut adalah link dari pertandingan ronde kedua: http://oc-esports.io/#!/round/roadtopro_challenger_season2_division1_round2.

Ronde ke-3 akan dimulai pertanggal 1 Agustus 2016 nanti dan berakhir pada 30 September 2016 dengan kategori hardware dan sistem kompetisi yang mirip dengan ronde-ronde sebelumnya. Link kompetisi ronde ke-3:
http://oc-esports.io/#!/round/roadtopro_challenger_season2_division1_round3

wallpaperRtpDivI-R2

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 1 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU Intel i7 yang boleh dipakai(mulai dari Generasi Sandy Bridge sampai Skylake)

wallpaperRtpDivII-R2

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 2 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU Intel i5 yang boleh dipakai(mulai dari Generasi Sandy Bridge sampai Skylake)

 

wallpaperRtpDivIII-R2

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 3 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU Intel i3 dan Pentium yang boleh dipakai(mulai dari Generasi Sandy Bridge sampai Skylake)

 

wallpaperRtpDivIV-R2

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 4 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU AMD FX series yang boleh dipakai(mulai dari generasi 1 sampai generasi 3 dari FX Series)

 

wallpaperRtpDivV-R2

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 5 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU AMD A-series yang boleh dipakai(mulai dari a A-Series (15h gen2), A-Series (15h gen3), A-Series (16h gen1), A-Series (16h gen2), A-Series (16h gen3) prosesor)

 

6

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 6 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU yang menggunakan arsitektur RISC yang boleh dipakai

 

wallpaperRtpDivVII-R2

Hardware Unik yang akan dipakai di Challenger Division 6 ronde berikutnya(Round 3) adalah hanya CPU yang menggunakan Agena Core yang boleh dipakai

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Review | April 10, 2017 | Comments

Overclocking Review: ASUS ROG GX800VH

Kadang di dunia hardware PC, mengejar gelar ‘tercepat‘ membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Produk-produk tersebut juga umumnya jarang ditemui dan digunakan user, karena proses desain-nya yang rumit dan juga price
Read More »