in: Vlog | July 12, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Sekilas Mengenal Bottleneck

DSC08351eds

Istilah ‘bottleneck‘ merupakan sebuah masalah yang sudah lama menjadi topik diskusi hangat bagi para PC Enthusiast. Secara umum, bottleneck dalam konteks performa PC didefinisikan sebagai sebuah keadaan dimana salah satu komponen dalam sistem PC menyebabkan performa sistem secara keseluruhan menjadi terhambat. Sayangnya diskusi mengenai topik tersebut lebih sering mengundang kesalahpahaman karena minim-nya informasi dan pengetahuan mengenai kata bottleneck itu sendiri. Banyak pula pengguna PC yang belum sadar bahwa aspek bottleneck itu sendiri tidak hanya disebabkan aspek hardware, karena pembahasan bottleneck harus dilakukan dengan juga menimbang berbagai aspek lain dalam sebuah sistem tersebut secara keseluruhan.

Informasi yang kurang lengkap mengenai topik bottleneck pun akhirnya berkembang menjadi banyak info yang salah, seperti “Bottleneck akan merusak hardware” , “Bottleneck terjadi karena ada hardware yang kurang cocok” , dan lain sebagainya. Mengingat bahwa pembahasan mengenai bottleneck  itu sendiri membutuhkan banyak skenario pengujian yang akan sangat memakan waktu, kami mencoba untuk membuat sebuah video untuk mencoba menjelaskan secara singkat mengenai beberapa aspek bottleneck yang perlu diketahui, sebelum melakukan pembahasan bottleneck lebih dalam dalam artikel-artikel kami yang mendatang.

Video tersebut dapat Anda temukan pada:

 

Sebagai overclocker yang gemar melakukan tuning kepada hardware, bottleneck adalah ‘musuh’ kami, karena kami memiliki misi untuk mendapatkan performa yang optimal dari sebuah sistem. Itu sebabnya kami memberikan berbagai tuning guide dan juga artikel terkait optimalisasi PC demi mendapat performa lebih baik.

Sampai jumpa pada artikel / video berikutnya, hanya di JagatOC!

 

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES