in: News | June 7, 2018 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Computex 2018: MSI Tampilkan MSI X399 MEG Creation dengan 16+3 Power Phase

Di Computex 2018, MSI kembali menghadirkan sebuah motherboard yang menarik perhatian, yakni motherboard X399 terbaru mereka: X399 MEG CREATION. Motherboard bersoket TR4 yang ditujukan untuk Ryzen Threadripper CPU ini nantinya akan otomatis menjadi seri teratas mereka. Ada beberapa aspek desain yang cukup membuat kami kaget saat membaca spesifikasinya, mari simak bersama.

Major Update: Power Regulator & Cooling

X399 MEG Creation memiliki peningkatan pada sebuah area spesifik, yakni desain regulator daya (VRM), dan cooling-nya. Tidak tanggung-tanggung, X399 MEG Creation memiliki VRM dengan desain 19-phase total, dimana 16-phase nya akan mensuplai rail CPU (VddCR/Vcore), sedangkan 3 lagi mensuplai rail SoC (VddSOC). Board ini akan memiliki input 2×8-pin EPS 12V untuk mensuplai daya ke CPU.

(Sayang kami tidak diijinkan membuka heatsink besar-nya untuk melihat rating MOSFET yang mereka gunakan :p )

Berikut penampilannya:

 

Sangat berbeda dengan VRM motherboard X399 pendahulunya, X399 MEG Creation memiliki sebuah heatsink pendingin komponen MOSFET yang betul-betul besar, dan tentunya juga menggunakan heatpipe untuk transfer thermal lebih baik. Ini akan sangat berguna bagi sistem dengan pendingin watercooling yang umumnya tidak memiliki airflow di sekitar motherboard, menjaga suhu komponen VRM tetap rendah meskipun airflow sedikit.

Seperti kebanyakan board Flagship, X399 MEG Creation juga dilengkapi slot ekspansi melimpah:

Nah, MSI sendiri menyebutkan bahwa motherboard ini tidak secara spesifik ditujukan untuk overclocker, karena MSI mengetahui bahwa pengguna motherboard dan platform ini kebanyakan adalah content creator, dan itulah target market utama komponen ini: kreator konten yang haus performa tinggi,

Namun saat kami menanyakan mengenai kapabilitas overclocking-nya, MSI dengan yakin menyebutkan bahwa motherboard ini akan dengan mudah menangani prosesor Ryzen Threadripper 16-Core yang di-overclock, karena komponen penyuplai daya-nya memiliki cukup banyak headroom, bila dibandingkan dengan kebanyakan motherboard MSI X399 lainnya.

Kami sendiri berharap bisa melihat motherboard ini beraksi dengan Ryzen 2nd Gen Threadripper 32-core, mari tunggu tanggal rilisnya ;)

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Tips | July 24, 2018 | Comments

Eksperimen: Tuning Aspect Ratio ke 32:9

Kadang-kadang ada beberapa hardware PC yang cukup menarik untuk membuat pengalaman berkomputer menjadi sangat berbeda. Beberapa hari lalu, rekan kami di JagatPlay tengah mencoba sebuah monitor 49″ dari Samsung yang
Read More »