JR OC Award 2015: VGA

Reading time:
January 28, 2016
JROCAward_Feat.-Image-OC-Graphics-Card

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan. Kami dari JagatOC.com dan JagatReview.com akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking. Kali ini, topik yang kami bahas adalah VGA.

VGA

Kartu Grafis, atau dikenal juga dengan nama VGA Card, merupakan sebuah komponen yang berfungsi melakukan kalkulasi grafis. Semakin cepat komponen ini bekerja, semakin cepat pula perhitungan grafis dapat dilakukan. Pada aplikasi game 3D, umumnya pemroses grafis yang kencang dapat menghasilkan framerate yang tinggi, membuat gameplay menjadi lebih smooth dan nyaman.

VGA yang memiliki overclocking headroom besar tentunya memiliki potensi performa gaming yang lebih tinggi jika dimanfaatkan. Untuk itu, banyak vendor kartu grafis akhirnya merilis kartu grafis dengan komponen mumpuni yang siap dioverclock, dan bahkan sudah meng-overclock VGA tersebut dari pabrikannya(factory overclock).

Kami membagi award ini ke dua kategori, yakni: VGA dari NVIDIA, dan juga VGA dari AMD.

VGA NVIDIA:

GOLD Award: Galax GTX 980 Ti HOF LN2 GOC Edition

JROCAward_Galax-GTX980Ti-HOF

Nampaknya kami tidak perlu menjelaskan lebih banyak mengapa Galax GTX 980 Ti HOF LN2 GOC Edition mendapat penghargaan dari kami. VGA Card berbasis GeForce GTX 980 Ti ini diciptakan untuk satu tujuan: meraih berbagai world record benchmark! Komponen yang disematkan pada VGA tersebut memiliki durabilitas yang luar biasa dan dirancang dari awal untuk bisa menangani praktik extreme overclocking.

Melihat bahwa Galax sendiri memposisikan VGA ini sebagai “The only Graphics Card in existence designed explicitly for cryogenic overclocking”, dan beberapa pengujian extreme oc yang kami berikan padanya bisa dilewati dengan baik, Gold Award pantas diberikan padanya.

 

SILVER Award: EVGA GeForce GTX 980 Ti KINGPIN

JROCAward_EVGA-GTX980Ti-KPE

VGA EVGA GTX 980 Ti KINGPIN datang dengan skema penjualan cukup unik, dimana si pengguna yang hendak membelinya lewat toko online bisa memilih kualitas GPU(ASIC Quality) tertentu, tentu yang lebih bagus akan dihargai lebih mahal. Dikembangkan oleh overclocker ternama Vince Lucido a.k.a ‘K|NGP|N’, VGA GTX 980 Ti dari EVGA ini memiliki sedikit kesamaan dengan Galax GTX 980 Ti HOF LN2, dimana spesifikasi regulator daya yang diberikan padanya sangat ‘overkill’ dan mampu menghadapi tekanan overclocking yang ekstrim.

Melihat bahwa VGA ini memiliki desain khusus yang dioptimalkan untuk overclocking dan berguna bagi extreme overclocker yang ingin memaksimalkan VGA-nya, kami menganugerahinya Silver Award.

 

SILVER Award: MSI GTX 980 Ti Lightning

JROCAward_MSI-GTX-980-Ti-Lightning

VGA kedua yang menurut kami layak mendapat penghargaan adalah MSI GTX 980 Ti Lightning. VGA yang mengusung nama ‘Lightning’ merupakan kartu grafis seri tertinggi dari MSI, dan dipenuhi fitur overclocking supaya si pengguna bisa memaksimalkan performa VGA tersebut.

Sebagai VGA card MSI yang tertinggi saat ini, GTX 980 Ti Lightning menawarkan build quility premium dan menyematkan berbagai komponen tambahan untuk memaksimalkan kemampuan overclocking dari chip GPU GTX 980 Ti.  MSI Lightning memberikan semua perlengkapan ekstra untuk memastikan Anda mendapat overclockability termaksimal dari GPU yang ada, mulai dari memberi komponen dengan desain ekstrim, pendingin mumpuni, kemampuan tuning berbagai variabel yang luas(3 voltage control!), dan juga memberikan monitoring suhu dan voltase kelas atas. Ini sebabnya, kami memberinya Silver Award.

 

 

VGA AMD

GOLD Award: ASUS STRIX Radeon R9 Fury

JROCAward_Asus-STRIX-R9-FURY

Secara umum, beberapa VGA AMD yang keluar belakangan ini, memiliki overclockability yang rata-rata, kurang lebih sekitar 10%-an. Namun ada satu GPU AMD yang ternyata memiliki potensi performa terpendam yang cukup dalam, yakni AMD Radeon R9 FURY. Sempat dikabarkan bahwa ada beberapa AMD Radeon R9 FURY memiliki kemampuan untuk di-unlock CU(Compute Unit)-nya, untuk bisa mendekati kemampuan AMD Radeon R9 Fury X yang jauh lebih mahal, dan tentunya GPU Radeon R9 FURY-nya masih bisa di-overclock.

Dari beragam R9 FURY yang kami temui, ada satu yang nampaknya memberikan berbagai perlengkapan ekstra untuk overclocker yang ingin memaksanya lebih jauh lagi, yakni ASUS STRIX Radeon R9 FURY. Dilengkapi dengan pendingin mumpuni yang bisa menjaga suhu Radeon R9 FURY, regulator daya yang mampu memberikan daya tinggi, serta desain VGA HotWire yang mengijinkan overvoltage lewat modifikasi hardware, kami cukup yakin bahwa ASUS STRIX Radeon R9 FURY merupakan salah satu VGA Radeon R9 FURY terbaik untuk overclocking.

Load Comments

Extreme OC

February 23, 2021 - 0

Review Cooler Master ML360 SUB-ZERO (+ Overclocking Core i9-10900K @ 6 Ghz )

Pendingin pada komputer umumnya akan menjaga suhu perangkat komputer dalam…
November 28, 2019 - 0

Overclocking Extreme AMD 3rd Gen Ryzen Threadripper 3970X : Rekor Dunia Berjatuhan!

Setelah mengumumkan kemunculannya pada awal November ini, AMD akhirnya meluncurkan…
September 16, 2019 - 0

Overclocking RAM di MSI MPG Z390I Gaming Edge AC : Motherboard Pemecah Rekor DDR4-6000

Tanggal 10 September 2019 ini, sebuah milestone baru tercapai pada…
October 10, 2018 - 0

Overclocking Review Gigabyte Z390 AORUS MASTER : Watercooling + LN2 Cooling

Menyambut kedatangan prosesor Core i 9th Gen, Intel merilis sebuah…

Easy OC

December 19, 2020 - 0

Easy Overclocking Intel Core i5-10600K & Core i7-10700K

Prosesor Intel Core 10th Gen ‘Comet Lake’ merupakan prosesor yang…
October 11, 2018 - 0

Hands-On Feature: Asus ROG AI Overclocking (di ROG Maximus XI Hero Wi-Fi)

Setelah sebelumnya kami melakukan hands-on motherboard ROG Maximus XI Hero…
February 16, 2018 - 0

Overclocking RAM Murah dan Mudah: Memory Try It pada MSI A320M Pro-VD/S (Ryzen 3 2200G ‘Raven Ridge’)

  Overclocking RAM dengan chipset A320? Kenapa Tidak? Saat ini,…
August 21, 2017 - 0

Easy OC Core i9-7900X di MSI X299 Tomahawk Arctic: Enhanced Turbo dan GameBoost

Sejauh ini, solusi prosesor Intel untuk kelas Enthusiast pada harga…

General OC

April 17, 2021 - 0

G.Skill Umumkan Trident Z Royal Elite : Sampai Kecepatan DDR4-5333 CL22

G.Skill, produsen RAM ternama yang terkenal dengan kemampuan overclocking-nya, mengumumkan…
March 30, 2021 - 0

Overclocking & Hands-on Review : Gigabyte Z590I AORUS ULTRA Mini-ITX (di Core i7-10700K)

Generasi motherboard next-gen dari Intel sudah mulai berdatangan, dan ini…
September 17, 2020 - 0

Hands-on & Overclocking – MSI GeForce RTX 3080 Gaming X Trio 10G

Segera setelah NVIDIA secara resmi mengumumkan kehadiran GeForce RTX 3080…
August 8, 2020 - 0

Eksperimen : ASRock A300 Deskmini + AMD RYZEN 3 PRO 4350G ‘Renoir’

AMD APU 7nm terbaru yakni ‘Renoir‘ menunjukkan performa dan kemampuan…