AOCT & HWBOT World Series Segera Digelar di Yogyakarta!

Reading time:
August 26, 2016

HWBOT, organisasi yang dianggap sebagai rumah overclocker se-dunia, akan mengunjungi Yogyakarta di awal bulan September 2016 mendatang! Mereka akan menggelar dua turnamen akbar untuk overclocker sebagai bagian dari HWBOT World Tour 2016. Kedua turnamen tersebut adalah AOCT (Amateur Overclocking Tournament), turnamen untuk overclocker amatir yang diselenggarakan bersama dengan Jagat Review dan Jagat OC; serta HWBOT World Series, yang akan menjadi ajang adu kemampuan overclocker profesional di ranah extreme overclocking.

HWBOT World Series 2016

Sebagai “rumah” overclocker se-dunia, HWBOT memang rutin menggelar turnamen overclocking, baik online maupun offline/live, di berbagai penjuru dunia. Untuk lomba online, berbagai produsen hardware ternama dunia sering bekerja sama dengan HWBOT untuk menggelar turnamen overclocking. Mereka juga menggelar turnamen yang dianggap sebagai “Olimpiade” di dunia overclocking, yaitu HWBOT Country Cup, yang rutin diselenggarakan setiap tahun dalam beberapa tahun terakhir ini. Sementara untuk lomba offline/live, mereka telah mengelar berbagai turnamen di berbagai negara, baik untuk mencari overclocker baru maupun mengakomodasi overclocker profesional menyalurkan hasrat berkompetisi mereka. HWBOT World Tour ini merupakan wujud nyata hal tersebut.

Intel, produsen chip ternama dunia, menjadi sponsor utama di rangkaian HWBOT World Tour 2016 – Asia Pacific ini. Prosesor dari Intel, Core i 6th Generation, atau biasa dikenal dengan kode Skylake, menjadi sajian utama yang akan dihadapi overclocker, baik amatir maupun profesional, yang berpartisipasi di HWBOT World Tour 2016 – Asia Pacific. Beberapa produsen hardware ternama juga bergabung menjadi sponsor acara ini. Siapa saja? Kami akan membahasnya di artikel terpisah.

AOCT: Mencari Overclocker Amatir Terbaik di Indonesia

Sejak tahun 2012 lalu, Jagat Review & Jagat OC rutin menggelar AOCT sebagai ajang mencari overclocker-overclocker baru di Indonesia. Setiap penyelenggaraan AOCT selalu diikuti oleh puluhan overclocker amatir terbaik Indonesia. Hingga tahun 2015 lalu, ratusan overclocker amatir telah mencicipi kerasnya turnamen tersebut, dengan beberapa lulusan turnamen ini pun telah maju ke tingkat dunia, dan beberapa telah bisa meraih prestasi di turnamen tingkat dunia. Melihat catatan tersebut, banyak pihak mengakui bahwa AOCT adalah salah satu turnamen overclocking amatir terbaik dunia, yang juga mendorong munculnya beberapa turnamen amatir lain di beberapa negara di dunia.

AOCT 2015 jabodetabek 1
AOCT 2015 – Jabodetabek
AOCT Audisi 05
Workshop overclocking dalam AOCT 2015 – Yogyakarta

Kali ini AOCT akan digelar, sebagai bagian dari HWBOT World Tour 2016 – Asia Pacific, selama 3 hari dengan konsep yang tetap serupa dengan sebelumnya. Peserta AOCT akan mendapatkan workshop overclocking dari tim juri di hari pertama acara sebelum beradu kemampuan di hari kedua dan ketiga. Seperti biasa, para overclocker amatir harus berhadapan dengan berbagai tantangan benchmark yang telah disiapkan, yang akan dijalankan di sistem dengan basis serupa, tetapi dengan beberapa motherboard berbeda, yang tentunya akan menantang para peserta untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk menjadi jawara.

AOCT 2015 - Yogyakarta Qualifying 02
Kualifikasi AOCT 2015 Yogyakarta

Sistem banlist juga akan tetap digunakan di turnamen kali ini, sehingga benar-benar overclocker amatir saja yang bisa mengikutinya. Semua overclocker amatir, sesuai deskripsi yang ditentukan panitia, bisa ikut serta dalam turnamen ini, dan pendaftaran pun gratis. Detail turnamen dan peraturan akan diumumkan dalam waktu dekat.

HWBOT World Series: Mencari Jawara untuk “World Final” di Jerman

Bagi HWBOT, acara di Yogyakarta ini merupakan yang ke-6 yang mereka gelar selama tahun 2016 ini. Sebelumnya, mereka telah menggelar HWBOT World Series di beberapa negara lain, yaitu Brazil, Perancis, Afrika Selatan, Kanada, dan Taiwan. Di setiap World Series yang digelar, overclocker terbaik akan berhak maju ke World Final yang akan digelar di Jerman bulan November 2016 mendatang, termasuk juga dari turnamen yang digelar di Yogyakarta ini.

HWBOT World Series - Brazil
HWBOT World Series – Brazil
HWBOT World Series - Taiwam
HWBOT World Series – Taiwan

Beberapa overclocker ternama dari Indonesia, dan mungkin juga beberapa dari negara lain, akan beradu kemampuan di turnamen sepanjang dua hari ini. Mereka akan beradu kemampuan di pertarungan 1 vs 1 dengan tantangan benchmark yang berbeda, dan juga menggunakan motherboard yang berbeda di set hardware yang serupa. Untuk turnamen ini, beberapa overclocker ternama, dari beberapa negara, yang berafiliasi dengan HWBOT, akan turut hadir ke Yogyakarta untuk menjadi juri turnamen ini. Informasi terkait turnamen ini sudah bisa dilihat di situs resmi HWBOT.

Sajian Menarik di Yogyakomtek 2016

Final AOCT 2015 Jogjakarta
Super Final 1 vs 1 di AOCT 2015 – Yogyakarta: ketegangan overclocker yang harus beradu 1 vs 1 di super final benar-benar terasa di JEC. Banyak pengunjung yang berhenti di booth AOCT hanya untuk melihat bagaimana serunya adu kemampuan tersebut.

AOCT & HWBOT World Series ini akan digelar di Yogyakomtek 2016, pameran akbar yang diselenggarakan di JEC, 3 – 7 September 2016 mendatang. Hadirnya dua turnamen dalam rangkaian HWBOT World Tour 2016 – Asia Pacific ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Yogyakomtek 2016. Tahun 2015 lalu, super final 1 vs 1 di AOCT 2015 – Yogyakarta sudah membuktikan betapa serunya adu kemampuan overclocker di panggung turnamen akbar di tengah pameran komputer besar. Kali ini, ditambah dengan hadirnya overclocker profesional yang harus menghadapi tantangan 1 vs 1 serupa, HWBOT World Tour 2016 – Asia Pacific dipastikan akan menghadirkan sajian yang menarik untuk siapapun yang datang ke Yogyakomtek 2016.

Load Comments

Extreme OC

February 23, 2021 - 0

Review Cooler Master ML360 SUB-ZERO (+ Overclocking Core i9-10900K @ 6 Ghz )

Pendingin pada komputer umumnya akan menjaga suhu perangkat komputer dalam…
November 28, 2019 - 0

Overclocking Extreme AMD 3rd Gen Ryzen Threadripper 3970X : Rekor Dunia Berjatuhan!

Setelah mengumumkan kemunculannya pada awal November ini, AMD akhirnya meluncurkan…
September 16, 2019 - 0

Overclocking RAM di MSI MPG Z390I Gaming Edge AC : Motherboard Pemecah Rekor DDR4-6000

Tanggal 10 September 2019 ini, sebuah milestone baru tercapai pada…
October 10, 2018 - 0

Overclocking Review Gigabyte Z390 AORUS MASTER : Watercooling + LN2 Cooling

Menyambut kedatangan prosesor Core i 9th Gen, Intel merilis sebuah…

Easy OC

December 19, 2020 - 0

Easy Overclocking Intel Core i5-10600K & Core i7-10700K

Prosesor Intel Core 10th Gen ‘Comet Lake’ merupakan prosesor yang…
October 11, 2018 - 0

Hands-On Feature: Asus ROG AI Overclocking (di ROG Maximus XI Hero Wi-Fi)

Setelah sebelumnya kami melakukan hands-on motherboard ROG Maximus XI Hero…
February 16, 2018 - 0

Overclocking RAM Murah dan Mudah: Memory Try It pada MSI A320M Pro-VD/S (Ryzen 3 2200G ‘Raven Ridge’)

  Overclocking RAM dengan chipset A320? Kenapa Tidak? Saat ini,…
August 21, 2017 - 0

Easy OC Core i9-7900X di MSI X299 Tomahawk Arctic: Enhanced Turbo dan GameBoost

Sejauh ini, solusi prosesor Intel untuk kelas Enthusiast pada harga…

General OC

April 17, 2021 - 0

G.Skill Umumkan Trident Z Royal Elite : Sampai Kecepatan DDR4-5333 CL22

G.Skill, produsen RAM ternama yang terkenal dengan kemampuan overclocking-nya, mengumumkan…
March 30, 2021 - 0

Overclocking & Hands-on Review : Gigabyte Z590I AORUS ULTRA Mini-ITX (di Core i7-10700K)

Generasi motherboard next-gen dari Intel sudah mulai berdatangan, dan ini…
September 17, 2020 - 0

Hands-on & Overclocking – MSI GeForce RTX 3080 Gaming X Trio 10G

Segera setelah NVIDIA secara resmi mengumumkan kehadiran GeForce RTX 3080…
August 8, 2020 - 0

Eksperimen : ASRock A300 Deskmini + AMD RYZEN 3 PRO 4350G ‘Renoir’

AMD APU 7nm terbaru yakni ‘Renoir‘ menunjukkan performa dan kemampuan…