Overclocking Review: Gigabyte B450 I AORUS PRO WIFI

Reading time:
October 16, 2018

Uji Singkat – VRM Temperature Test

VRM Heatsink

Motherboard ini dengan sangat jelas memiliki mosfet dengan kemampuan yang sangat mumpuni, dan kali ini Gigabyte juga menghadirkan upgrade yang sangat signifikan pada bagian heatsink VRM nya. Kali ini pun kami kembali ingin menguji apakah upgrade heatsink VRM ini memberikan headroom ekstra kepada motherboard ini untuk bisa menjalankan Ryzen 5 2600 yang kami gunakan ini pada frekuensi tinggi.

Pengujian suhu VRM ini akan kami lakukan dengan menjalankan Cinebench R15 sebanyak 10x, kemudian mencatatkan suhu yang didapatkan dari sensor HWMonitor VR T1 yang merupakan sensor dari suhu VRM berdasarkan hardware monitor yang dimiliki software easy tune milik Gigabyte Aorus. Kami pun akan mencoba menjalankan pengujian ini mulai dari 1.275v @4GHz, 1.3v @4.05GHz, 1.35v @4.1GHz, dan 1.4v @4.15GHz.

Seluruh pengujian ini kami lakukan memang dengan sengaja menggunakan sebuah AIO watercooling untuk membuat tidak ada airflow melewati heatsink yang digunakan, Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan yang ditawarkan oleh heatsink besar terbaru dari Gigabyte B450i Aorus Pro WiFi.

Mari kita lihat hasil pengujian VRM yang telah dilakukan:

VRM Temprature rev

Pada saat menggunakan VCore diatas 1.3v kami melihat bahwa VRM heatsink yang digunakan sudah mencapai titik saturasi, bahkan titik saturasi tersebut sudah tercapai ketika kami menjankan loop ke-3 atau 4 Cinebench R15. Meskipun demikian hal ini masih tetap menunjukan bahwa heatsink VRM Gigabyte B450i Aorus Pro Wi-Fi ini dapat bekerja dengan baik mendinginkan komponen VRM yang tepat berada dibawahnya yaitu Mosfet.

Max Temp VRM

Diatas ini merupakan screenshot yang kami ambil pada saat menjalankan Cinebench R15 sebanyak 10x dengan setting 4.15GHz @1.4v. Dengan sangat jelas bahwa Mosfet pada motherboard yang kami gunakan sangat tersikan untuk berjalan pada suhu tesebut. Jika dalam waktu mungkin 8-12 bulan Mosfet tersebut berjalan dalam kondisi seperti ini mungkin dalam kurun waktu tersebut mosfet pada sistem anda akan mengalami breakdown. Dan salah satu alasan kami menggunakan AIO Watercooling adalah untuk menunjukan data ini. Jika anda memberikan sedikit airflow maka anda akan mendapatkan hasil suhu VRM seperti dibawah ini:

VRM Adem Rev IMAG1605

Dengan hanya memberikan sedikit airflow kepada heatsink VRM kami melihat suhu VRM Mosfet turun dari 94°C menjadi 69°C. Anda langsung melihat penuruan drastis 25°C. Jadi terlihat bahwa memang meskipun motherboard ini mendapatkan upgrade heatsink, kami tetap harus memberikan sedikit airflow kepada heatsink VRM ketika harus menjalankan Ryzen 5 kami yang sudah di overclock cukup tinggi.

Jika anda menggunakan sebuah Heatsink baik itu seperti stock heatsink CPU Ryzen Wraith series, tower heatsink, dan heatsink lain nya yang mengizinkan adanya airflow di sekitar area VRM. penggunaan heatsink tersebut akan sangat membantu untuk menjaga suhu VRM anda. Terutama jika anda ingin menggunakan motherboard ini untuk menjalankan Ryzen 7 atau Ryzen 5 yang di overclock cukup tinggi, anda harus memastikan bahwa heatsink VRM anda mendapatkan airflow yang cukup.

Kesan & Kesimpulan

Kembali hadir nya motherboard M-ITX Gigabyte B450i Aorus Pro Wi-Fi ini merupakan hal yang sudah kami tunggu-tunggu sejak rilis nya chpset B450 untuk AMD. Alasan kami menunggu motherboard ini cukup sederhana, yaitu kami menginginkan sedikit perbaikan dari motherboard pendahulu nya AB350N Gaming WiFi. Secara fitur essential (Audio ALC1220, Wi-Fi AC + Bluetooth 5, Intel Gbe Ethernet, 1x slot M.2 NVME x4) yang diberikan oleh motherboard ini dapat dikatakan sudah mencukupi bagi anda yang mengingnkan sebuah sistem M-ITX yang di tenagai prosesor Ryzen.

IMAG1561

Motherboard ini sendiri juga kami rasakan mengalami perbaikan yang cukup massive dari pendahulunya AB350N Gaming 5. Anda bisa melihat perbedaan antara Gigabyte B450i Aorus Pro Wi-Fi dengan Gigabyte AB350N Gaming Wi-F dibawah inii:

Board Layout ComparedTerlihat bahwa Layout B450i Pro Wi-Fi merupakan layout motherboard yang memang selayaknya kita jumpai pada motherboard M-ITX.  Perubahan yang terjadi dari AB350N Gaming Wi-Fi adalah pada peletakan 24Pin ATX, 8Pin EPS 12v, 4x SATA port dan seluruh front panael header. dan ketika melihat lebih jauh lagi, pada B450i Aorus Pro Wi-Fi 2 buah DIMM slot memori pada motherboard ini diletekan lebih masuk ke bagian tengah, dibandingkan dengan AB350N Gaming Wi-Fi yang meletekanya tepat di pinggi kanan motherboard. Merubah layout motherboard pada B450i Aorus Pro Wi-Fi ini menjadi nilai plus untuk kami.

Yang masih bisa membuat kami melakukan sedikit keluhan kepada layout motherboard ini adalah belum adanya Debug LED, fitur tersebut sangatlah kami nantikan untuk motherboard M-ITX milik Gigabyte Aorus ini. 4 buah LED untuk proses debug ini sangatlah membantu pengguna dalam proses troubleshooting.

VRM Heatsink

Selain perubahan layout motherboard tersebut kami juga sangat senang melihat pergantian heatsink VRM yang digunakan. Pada B450i Aorus Pro Wi-Fi terlihat bahwa heatsink yang digunakan sangat jauh lebih besar dari pendahulunya. dan heatsink ini pun bekerja dengan sanagt baik untuk mengizinkan motherboard ini masih bisa menjalankan Ryzen 5 2600 kami yang sudah di overclock cukup tinggi.

3666 C12 17 CPUZ

Gigabyte B450 I Aorus Pro WiFi ini sendiri juga merupakan motherboard dengan 6 PCB layer dengan 2 buah DIMM slot (1 DIMM Per Channel), kemampuan tuning memori motherboard ini sudah tidak kami ragukan lagi.

Sebuah motherboard dengan konfigurasi 2 DIMM slot dengan 6 PCB layer. kami mencoba memaksa motherboard ini menjalankan sebuah memori Hynix AFR 4Gbit 2x4GB, dan motherboard ini dengan sangat mudah memaksa memori yang kami gunakan untuk test tersebut bisa berjalan pada batas maksimal nya.

Untuk aspek DDR4 memory tuning, kami cukup yakin bisa mengatakan bahwa motherboard ini mungkin merupakan salah satu motherboard AM4 berchipset B450 dengan kemampuan overclocking memori terbaik. (Dan bisa jadi salah satu yang terbaik untuk motherboard AM4 overall)

Aorus No Compromise

Akhir kata kami merasa cukup puas dengan improvement yang telah diharikan oleh Gigabyte Aorus untuk motherboard M-ITX AM4 mereka ini. Perbaikan dari generasi sebelumnya ini kami rasakan dengan jelas untuk membuat motherboard ini siap untuk mendukung prosesor Ryzen Pinnacle Ridge yang memiliki TDP lebih tinggi dari prosesor Summit Ridge dan juga tentu nya perbaikan ini ditujukan untuk bisa mendukung fitur 400-series chipset Precision Boost Overdrive. 

Demikianlah hasil dari rangkaian pengujian yang kami lakukan untuk Gigabyte B450i Aorus Pro Wi-Fi, akhir kata adalah motherboard ini menunjukan bahwa Gigabyte Aorus memang menyiapkan dengan serius motherboard M-ITX mereka ini untuk berjalan dengan Ryzen Pinnacle Ridge. Selain itu juga motherboard ini masih tetap mempertahankan nilai plus tersendiri nya yaitu kemampuan memory overclocking yang sangat mumpuni.

Sampai jumpa di pengujian kami berikutnya! :D

Load Comments

Extreme OC

September 29, 2022 - 0

Demo Tuning Ryzen 7000 ‘Zen4’ + MSI X670E ACE di AMD Grand Launch Party Indonesia

Menyambut kehadiran prosesor terbaru AMD yakni Ryzen 7000-series Zen4 ‘Raphael’…
February 23, 2021 - 0

Review Cooler Master ML360 SUB-ZERO (+ Overclocking Core i9-10900K @ 6 Ghz )

Review Cooler Master ML360 SUB-ZERO (English Version) Cooling in a…
November 28, 2019 - 0

Overclocking Extreme AMD 3rd Gen Ryzen Threadripper 3970X : Rekor Dunia Berjatuhan!

Setelah mengumumkan kemunculannya pada awal November ini, AMD akhirnya meluncurkan…
September 16, 2019 - 0

Overclocking RAM di MSI MPG Z390I Gaming Edge AC : Motherboard Pemecah Rekor DDR4-6000

Lebih Dekat Dengan MSI Z390I Gaming Edge AC – Extreme…

Easy OC

December 19, 2020 - 0

Easy Overclocking Intel Core i5-10600K & Core i7-10700K

Prosesor Intel Core 10th Gen ‘Comet Lake’ merupakan prosesor yang…
October 11, 2018 - 0

Hands-On Feature: Asus ROG AI Overclocking (di ROG Maximus XI Hero Wi-Fi)

Hasil Pengujian: Pada halaman sebelumnya sudah dibahas mengenai berbagai opsi…
February 16, 2018 - 0

Overclocking RAM Murah dan Mudah: Memory Try It pada MSI A320M Pro-VD/S (Ryzen 3 2200G ‘Raven Ridge’)

Benchmark Sintetis (3DMark Fire Strike – Graphics Score) Berikut ini…
August 21, 2017 - 0

Easy OC Core i9-7900X di MSI X299 Tomahawk Arctic: Enhanced Turbo dan GameBoost

Test – CPU OC Performance Pada keadaan default, Core i9-7900X…

General OC

August 30, 2022 - 0

G.Skill umumkan Trident Z5 Neo & Flare X5: Dukung AMD EXPO, Tersedia Hingga DDR5-6000CL30

G.Skill sebagai produsen RAM yang terkenal dengan kemampuan overclocking-nya, hari…
August 5, 2021 - 0

Test : Overclocking IGP Radeon Vega (Ryzen 7 5700G) di MSI B550I GAMING EGDE WIFI

Prosesor Ryzen 5000 G-series ‘Cezanne’ baru saja hadir untuk DIY…
June 9, 2021 - 0

G.Skill rilis Trident Z Royal Elite DDR4-4000 CL14 32 GB Kit : Kapasitas Besar, Frekuensi Tinggi, Latency Ketat

Sebagai produsen RAM yang nampaknya tidak berhenti mengejar performa tertinggi,…
April 17, 2021 - 0

G.Skill Umumkan Trident Z Royal Elite : Sampai Kecepatan DDR4-5333 CL22

G.Skill, produsen RAM ternama yang terkenal dengan kemampuan overclocking-nya, mengumumkan…