in: General - VGA | November 13, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Hands-on Overclocking MSI GeForce GTX 1050 Ti Gaming X 4GB: Bisa Mengejar GTX 1060 3GB?

geforce_gtx_1050_7

Menyandang arsitektur Pascal, GPU NVIDIA terbaru GeForce GTX 1050 Ti memiliki satu karakteristik yang menonjol: clockspeed yang tinggi. Hampir semua GPU Pascal dari seri atas hingga bawah mampu dioperasikan pada kecepatan setidaknya 1.7 – 1.8 Ghz ke atas, menggunakan aircooling bawaan. Bahkan tidak jarang kami menemui beberapa GPU NVIDIA berbasis Pascal yang berjalan pada kecepatan 2 Ghz atau lebih dalam keadaan defaultnya!  (Seperti GeForce GTX 1060 misalnya)

Kali ini, JagatOC ingin membahas singkat mengenai praktik overclocking yang kami jalankan pada GeForce GTX 1050 Ti, untuk melihat lebih dekat seberapa jauh performa ekstra yang bisa kami ‘peras’ dari GPU baru tersebut. Eksperimen OC ini akan kami lakukan pada MSI GeForce GTX 1050 Ti Gaming X 4GB. Mari mulai!

dsc00330s

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.

2) Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, Do it at your own risk!

Ruang Lingkup Pengujian

Saat artikel ini dirilis, lab OC sedang disibukkan dengan berbagai kompetisi overclocking yang menumpuk, jadi kami tidak memiliki terlalu banyak waktu untuk menjalankan pengujian OC yang lengkap pada GeForce GTX 1050 Ti ini, sehingga kami hanya membahas sedikit uji overclocking, dan pengujian performa pun hanya dilakukan dengan Benchmark Sintetis, dan satu buah game. Review yang lebih menyeluruh dari VGA tersebut sudah dilakukan rekan kami dari JagatReview.

Berikut ini beberapa pembahasan yang kami berikan:

  • Mengenal GTX 1050 Ti + Langkah-langkah OC di GTX 1050 Ti
  • Uji kestabilan + konsumsi daya
  • Sedikit perbandingan performa melawan VGA kelas di atas-nya, GeForce GTX 1060 3GB

 

GeForce GTX 1050 Ti: Kenali Spesifikasinya!

load

Kami sangat menyarankan Anda membaca artikel analisa Boost Clock pada GeForce GTX 1050 Ti kami di link ini, untuk lebih mengenali clockspeed yang ada di GeForce GTX 1050 Ti. Intinya, Meski spesifikasi GPU tersebut pada ‘boost clock’ tertera di 1468Mhz menurut MSI, namun GPU ini bisa saja beroperasi pada 1797Mhz secara dinamis, bergantung pada keadaan seberapa berat load yang diterima-nya, dan juga temperatur-nya.

 

Tool Overclocking: MSI Afterburner 4.3.0 Beta 14

screenshot-3

MSI Afterburner adalah tool overclocking GPU yang bisa digunakan hampir semua vendor GPU di luar sana, dan bisa diunduh secara gratis disini. Semua praktik overclocking yang kami lakukan disini dilakukan menggunakan tool MSI Afterburner 4.3.0 Beta 14.

Nah, mari melihat apa saja yang bisa anda ubah di Afterburner:

  1. Core Voltage: Opsi ini hanya akan keluar jika anda men-tick ‘unlock voltage control’ pada Settings dan jika GPU anda mendukung pengubahan voltase via software. Sejauh yang kami ketahui pada versi afterburner yang kami gunakan di artikel ini, sekarang GTX 1050/Ti belum mendukung pengubahan voltase GPU lewat software tersebut. 
  2. Power Limit: Saat power sensor di GPU anda mencapai batas maksimalnya(100%), maka ia akan mulai menurunkan clock GPU untuk menyesuaikan tingkat power si VGA. Pada GTX 1050/Ti, anda masih bisa meningkatkan nilai ini ke 125% jika nilai 100% dianggap tidak cukup.
  3. Core Clock & Memory Clock: Tempat anda mengubah clock GPU dan Video RAM. Bagi GTX 1050/Ti, nilai ini BUKAN berupa clock anda, melainkan merupakan nilai ‘offset’, atau nilai tambahan dari GPU clock anda yang ada sekarang. Misalnya Max. Boost clock pada GPU anda 1800 Mhz, memberikan nilai +100 disini akan mengubah Max. Boost Clock menjadi 1900 Mhz.
  4. Perlu diperhatikan: Memory Clock yang ada disini adalah nilai setelah RAM tersebut dikalikan dua(karena DDR). Jadi misalnya anda memiliki clock memori 2000Mhz, maka untuk mengubah nilai clock memori ini ke 2200Mhz, anda perlu menambah clock memory sebesar +400Mhz(bukan 200Mhz).
  5. Fan Speed: Tempat anda mengubah setting fan. Bagi Anda yang sensitif dengan suara/noise, kami sarankan untuk mengubah nilai ini ke 50%.

 

Step-by-Step / Langkah Overclocking

Langkah-langkah untuk overclock GTX 1050 Ti sama seperti overclocking GPU yang lainnya, proses pencarian clock maksimal kami untuk gaming adalah sebagai berikut:

  • Tingkatkan Power limit & Temperature Limit hingga maksimal
  • Naikkan clock GPU dengan interval sebesar 50-100 Mhz
  • Jalankan uji kestabilan (Misalnya: 3DMark Stress Test), ulangi sampai hang/freeze. Setiap crash, turunkan interval ke GPU 50Mhz, 25Mhz, dan seterusnya sampai anda mendapat clock maksimal.
  • Lakukan hal yang sama kepada memory clock.
  • Gabungkan kedua hasil overclock, baik GPU dan Memory, lalu uji kestabilan lagi
  • Selalu perhatikan suhu GPU, bagi GTX 1050 jaga suhu di sekitar 70 C maksimum.

Umumnya, jika sebuah GPU stabil menjalankan 3DMark Stress Test, GPU tersebut akan stabil pada aplikasi sehari-hari dan gaming yang load-nya lebih ringan dibanding 3DMark Stress Test. Kami menggunakan 3DMark Fire Strike Stress Test untuk menguji kestabilan GPU kami di sini.

 

Spesifikasi Testbed

Berikut ini spesifikasi dari sistem testbed yang kami gunakan untuk menguji Overclockability GeForce GTX 1050 Ti:

  • Prosesor: Intel Core i5-6600K ‘Skylake’
  • Motherboard: MSI Z170A Xpower Gaming TE
  • VGA: MSI GeForce GTX 1050 Ti Gaming X
  • RAM: HyperX Fury DDR4-2400 2x8GB
  • SSD: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Enermax NAXN 500W
  • OS: Windows 10 64-bit

 

Halaman berikutnya: Uji Overclocking singkat

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES